Hambatan Yang Dihadapi Ketika Tidak Menggunakan Jasa Cargo

hambatan pengiriman sendiri

Ketika anda tidak menggunakan jasa cargo atau ekspedisi, tentu ada beberapa hambatan yang dihadapi. Mengirim barang ke luar pulau terdengar sulit bagi sebagian besar orang. Pengiriman barang cargo ekspedisi dari Jawa dikirim ke Nusa Tenggara Timur atau ke Sulawesi atau ke Papua atau ke Sumatera atau ke Kalimantan pasti langsung terbayang jarak yang sangat jauh. Sering bertanya-tanya juga bagaimana nasib paket Anda menempuh perjalanan sejauh itu. Pasti ada rasa khawatir jika paket Anda hilang di perjalanan atau paket tiba tapi dalam keadaan rusak dan tidak layak. Memang benar ada kesulitan-kesulitan sendiri ketika mengirim barang ke luar pulau, misalnya saja Anda mengirim makanan tetapi sampai di tempat tujuan sudah basi atau tidak layak untuk dimakan, begitu pula dengan barang-barang yang rusak.

Daftar Isi :

Selain itu ada lagi kesulitan-kesulitan yang membayangi pengiriman paket ke luar pulau Jawa, yaitu:

1. Jumlah barang terlalu banyak atau berat

Jumlah barang yang terlalu banyak sering menjadi kendala pengiriman barang. Terutama jika barang tersebut berukuran besar seperti motor atau mobil. Resikonya adalah jasa ekspedisi luar jawa akan menolak pengiriman tersebut karena tidak semua ekspedisi mampu. Jika pengiriman dilakukan di satu pulau yang sama maka masih bisa diatasi dengan dibawa menggunakan trailer atau truk. Namun untuk lokasi yang jauh perlu transportasi yang lebih memadai yaitu pesawat atau kapal. jasa ekspedisi lampung sebenarnya menyediakan jenis transportasi khusus seperti pesawat dan kapal untuk angkutan ke luar pulau jawa. Namun, pesawat tidak bisa memuat semua barang yang terlalu berat atau besar seperti trailer pada jasa ekspedisi luar kota. Maka cara untuk mengatasinya adalah mengirim dengan transportasi kapal yang lebih besar.

2. Barang rusak

Kendala yang kedua adalah barang yang rentan rusak. Perjalanan dengan mengirim sendiri dan mebawa sendiri barang bawaan yang banyak dengan tujuan keluar pulau jauh lebih panjang dan lama sehingga mau tak mau barang kiriman harus berada di dalam kapal atau pesawat dalam waktu yang lama dan medan yang mungkin lebih sulit. Belum lagi jika tidak menggunakan jasa ekspedisi, pada saat libur lebaran bagasi untuk pengiriman barang sering dijadikan satu dengan bagai pesawat komersial berpenumpang sehingga harus berhimpitan dengan barang-barang penumpang. Resiko seperti ini yang kerap kali membuat orang ragu untuk mengirim barang ke luar pulau. Begitu pula dengan membawa barang dari Surabaya dimana barang tersebut akan ditumpuk bersama dengan barang-barang lain yang bisa jadi lebih berat. Sebenarnya ada solusi untuk mengatasinya yaitu menggunakan packing yang kuat dan pemberian label agar barang kiriman lebih diperlakukan secara hati-hati.

Baca juga:  Jasa Pengiriman Barang Surabaya ke Sanggau

3. Ongkos kirim terlalu mahal

Jarak yang jauh pasti berpengaruh ke ongkos kirimnya. Anda bisa mendapatkan ongkos kirim dengan harga yang mahal jika menggunakan mengirim sendiri barang bawaan anda umpama dari Lamongan ke luar pulau Jawa. Meski sebenarnya harga mahal tersebut adalah wajar karena butuh transportasi besar untuk mengirimnya ke luar pulau Jawa. Namun, ongkos kirim ke luar jawa bisa dua kali hingga empat kali lebih mahal dari pada jasa ekspedisi lokal. Apalagi jika Anda menggunakan jasa ekspedisi logistik yang pasti lebih berat. Harganya akan jauh lebih murah dan tidak menjadi beban ketika harga biaya kirim mahal dari harga barangnya, karena tidak beresiko dijalan dan kami akan tambah packing dengan rapi dan rapat.

4. Ada batasan jenis barang

Kesulitan yang paling terasa adalah adanya batasan jenis barang. Tidak semua barang bisa dikirim ke luar pulau Jawa. Jasa ekspedisi tertentu melarang adanya barang-barang tertentu untuk dikirim ke luar pulau. Misalnya jasa ekspedisi cairan yang hanya bisa didistribusikan di sekitar pulau Jawa saja atau selama masih dalam satu pulau dan dapat dijangkau jasa ekspedisi cargo via darat. Keterbatasan ini membuat banyak orang yang tidak bisa leluasa mengirimkan barang. Apalagi kalau Anda punya bisnis online yang berkaitan dengan zat cair seperti parfum atau minuman. Butuh cara penanganan lain yang mungkin lebih rumit agar bisa mengirimkan barang tersebut. Jasa ekspedisi banjarbaru biasanya langsung menolak ketika mendapatkan adanya barang cair. Hal ini terjadi karena jasa ekspedisi bandung Kalimantan yang harus melalui pesawat akan di pindai dahulu dengan mesin, dan ketahuan jika ternyata terdapat zat cair di dalamnya. Pesawat memang tidak menerima pengiriman zat cair, sehingga satu-satunya cara adalah melalui kapal.

5. Proses pengiriman terlalu lama

Mengirim barang ke luar pulau Jawa dengan membawa sendiri barang-barang itu dapat memerlukan waktu lama bisa hingga beberapa minggu untuk ke pulau-pulau yang jauh. Waktu yang lama ini bisa disebabkan karena proses ataupun jarak. Beberapa jasa cargo ekspedisi memang sudah menyediakan layanan kirim degan cepat, tapi Anda harus membayar dua kali lipat untuk itu jika anda mengirim sendiri. Jika anda menggunakan jasa ekspedisi maka paket lebih cepat sampai dan aman serta murah di ongkos. Terlebih kalau Anda menggunakan ekspedisi door to door, paket lebih cepat terkirim oleh ekspedisi ke kota Anda. Inilah yang menjadi kendala ketika anda ingin mengirim sendiri tanpa bantuan jasa cargo barang dengan ekspedisi ke luar Pulau Jawa.

Baca juga:  Jasa Ekspedisi Surabaya Semarang Bersama NCT

6. Hambatan/Kendala terlalu lebih ribet

Banyak yang mengatakan jasa ekspedisi cargo ke luar Jawa harus melalui proses yang ribet. Mitos seperti ini membuat sebagian orang mengurungkan niatnya untuk mengirim barang. Sebenarnya prosesnya sama saja apalagi jika Anda menggunakan ekspedisi door to door. Anda hanya datang dan mengantar barang ke kantor jasa ekspedisi, kemudian merekalah yang melakukan prosesnya. Namun, berbeda halnya jika Anda ingin mengirim dalam jumlah besar sendiri maka prosesnya memang lebih rumit. Anda harus menghubungi jasa ekspedisi cargo lalu mengantar barang Anda ke tempat tertentu untuk nanti dimasukkan ke dalam kapal. Inilah yang membuat kebingungan dalam perbedaan jasa ekspedisi dengan freight forwarding. Perbedaan jasa ekspedisi dan freight forwarding tidak banyak karena keduanya sama-sama mengirimkan barang ke berbagai daerah. Hanya saja Freight forwarding lebih mengarah ke transportasi kapal.

Memang mengirim ke luar pulau jawa dengan jasa ekspedisi harus lebih diperhatikan agar barang tidak dikembalikan oleh pihak jasa ekspedisi di Indonesia. Pastikan barang dalam kondisi yang aman dan baik untuk dikirim ke pulau lain. Anda juga perlu melihat dimana pulau tersebut karena jika pulaunya sangat jauh maka butuh waktu lebih lama. Semua masalah diatas sebenarnya bisa diatasi jika Anda tahu caranya. Memang semua jasa ekspedisi Surabaya atau di luar pulau Jawa lainnya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, kekurangan tersebut masih bisa diatasi atau ditanggung asal Anda tetap berhati-hati. Jalan satu-satunya agar anda terbebas dari halangan dan kesulitan-kesulitan diatas adalah dengan menggunakan jasa cargo surabaya yang siap mengirim barang anda ke alamat tujuan dengan tanpa ribet dan cepat. Karena, kami sangat berkomitmen dalam menjaga serta mengirim barang anda yang mungkin berupa barang-barang retail, industri ataupun juga peralatan berat yang anda tidak mungkin bisa mengirimnya sendiri ke alamat tujuan tanpa bantuan perusahaan jasa ekspedisi.

jasa ekspedisi surabaya

Kami (NCT Cargo) sudah berpengalaman bertahun-tahun dibidang ini, jangan ragu untuk menghubungi hotline kami untuk informasi selengkapnya.